Home / News / Historia

Sejarah Perang Dunia I, Penyebab, dan Negara yang Terlibat

Minggu - 23 Jan 2020, 10:51 WIB
Foto: wordl War in Color (Doc. WingNut Films)
Editor : Tim Redaksi

Jakarta, Infomiliter.com -- Perang Dunia I (PD I) terjadi di Eropa mulai tahun 1914 dan berakhir pada 1918. Faktor penyebab peperangan negara-negara barat ini salah satunya dipicu oleh persaingan industri dan militer antara Jerman dengan Inggris.

Lantas, negara-negara mana saja yang terlibat di World War I atau Perang Dunia Pertama?

Sejak tahun 1910 sampai 1914, Jerman menaikkan anggaran pertahanan sebesar 73 persen. Hal ini dilakukan Jerman karena kala itu ada ancaman kekuatan militer dari negara Eropa lain, terutama Inggris (yang menguasai seperempat wilayah dunia), sehingga produksi persenjataan militer diprioritaskan.

Dari sini, industri peralatan militer di wilayah Eropa pun marak diutamakan pula oleh negara-negara lain. Tujuannya agar mereka bisa mempertahankan diri dari serangan-serangan suatu saat berpotensi terjadi.

Selain penyebab di atas, terdapat juga faktor lain yang memicu ledakan Perang Dunia I. Lantas apa saja penyebab perseteruan dan negara apa saja yang terlibat kala itu?

Baca Juga: Rajawali Laut Flight Jadi Pembuka Ajang Navy Jazz Traffic Festival 2022

Penyebab Perang Dunia I
Sudah disebutkan bahwa Perang Dunia I disebabkan oleh industri militer yang marak dinaikkan negara-negara Eropa. Lalu, mereka yang merasa perlu teman ketika berhadapan dengan musuh akhirnya membangun kubu-kubu (aliansi).

Pembentukan aliansi ini juga menjadi penyebab Perang Dunia I. Saat itu, ada dua kubu yang saling berhadapan Triple Alliance atau Aliansi Tiga dan Triple Entente atau Entente Tiga.

Dalam The Major International Treaties of the Twentieth Century: A History and Guide with Texts (2013) suntingan John Grenville dan Bernard Wasserstein diungkapkan, Triple Alliance merupakan persekutuan antara Kekaisaran Jerman, Austria-Hongaria, dan Italia yang sebenarnya sudah dibentuk sejak tahun 1882.

Sedangkan Triple Entente terdiri dari Kekaisaran Rusia, Republik Ketiga Prancis, serta Kerajaan Inggris Raya dan Irlandia yang sudah terjalin sedari tahun 1894.

Baca Juga: Tinjau Pameran Alutsista TNI, Presiden: Bentuk Transparansi kepada Publik

Halaman :
Tag Berita :
BERITA PILIHAN
Berita Lainnya