Home / News / Alutsista

Delima Jaya Assault Ladder, Rantis Anti Teror Dari Basis Isuzu NPS

Sabtu - 14 Mei 2022, 14:29 WIB
Foto: Delima Jaya Assault Ladder Rantis Anti Teror Dari Basis Isuzu
Editor : Tim Redaksi

Jakarta, Infomiliter.com -- Sebagian satuan yang mengemban peran anti pembajakan dan teror, wajar bila satuan elite seperti Sat-81/Gultor Kopassus TNI AD punya kelengkapan khusus.

Terkait urusan “manjat-memanjat” bidang yang tinggi misalnya, pasukan elite ini punya assault ladder dan lift truck. Untuk assault ladder alias rantis pengusung tangga yang selama ini dikenal adalah Oka 4×4 buatan Oka Motor Co, Australia. Tentang rantis tersebut pernah kami kupas di artikel terdahulu yang link-nya dapat Anda simak di bawah ini.

Dari aspek mekanika, jelas rantis assault ladder tak membutuhkan teknologi canggih, dan siapa pun yang melihat rantis ini pasti langsung beranggapan bahwa ini dapat dibuat di dalam negeri. Dan memang benar adanya, selain Oka 4×4, Pasukan Baret Merah ternyata juga menggunakan assault ladder lain, yang boleh dibilang bentuknya mirip. Yang dimaksud adalah assault ladder yang di produksi perusahaan karoseri kendaraan angkutan umum, Delima Jaya. Dalam beberapa kali sesi latihan dan demo penanggulangan teror dan pembajakan, rantis pembawa tangga lipat ini kerap ditampilkan.

Meski cat dan desain minibus-nya begitu mirip dengan Oka, namun Delima Jaya Assault Ladder ini punya jarak kaki-kaki yang lebih rendah, begitu pun dengan ground clearance-nya. Bila Oka 4×4 disokong mesin diesel Cummins ISB4.5E3185, sebaliknya assault ladder Delima Jaya menggunakan basis mesin diesel Isuzu NPS dengan kapasitas 3.408 cc. Dari spesifikasi, Delima Jaya Assault Ladder ini di produksi pada tahun 2002, dan juga berpenggerak 4×4. Rantis pembawa tangga lipat ini punya panjang 6,3 meter, lebar 2,20 meter, tinggi 2,9 meter dan bobot 4 ton. Kendaraan taktis yang dapat dimuati 8 personel ini menggunakan ukuran roda 7.50-15-12 RPR. Untuk sumber listriknya berasal dari accu 24 volt 60.

Penggunaan assault ladder ini melengkapi koleksi rantis Sat-81 Gultor/Kopassus lainnya yang juga buatan dalam negeri, seperti P6 ATAV (All Terrain Assault Vehicle) buatan PT Surya Sentra Ekaya, Komodo Halilintar 4×4 buatan PT Pindad, dan Army Lift Truck 8M6x4 buatan PT Trimega Cipta Kreasindo.

Baca Juga: Tampilan Sangar Ford Ranger Taifib Korps Marinir TNI AL
BERITA PILIHAN
Berita Lainnya