Home / News / Ulasan

VAMTAC ST-5 Rapid Ranger, Sang Pengusung Rudal Starstreak RCWS Arhanud

Sabtu - 14 Mei 2022, 14:37 WIB
Foto: VAMTAC ST5 4×4 Rapid Ranger, Rantis Pengusung Rudal Starstreak RCWS Arhanud
Editor : Tim Redaksi

Jakarta, Infomiliter.com -- Rantis (kendaraan taktis) asal Spanyol ini memang terlihat sangar, namun sejatinya tak ada yang terlalu unik bila disandingkan dengan rantis Sherpa Light Scout buatan Renault atau Komodo 4×4 produksi PT Pindad. Namun kendaraan yang disebut VAMTAC (Vehículo de Alta Movilidad Táctico) 4×4 atau High Mobility Tactical Vehicle produksi URO Vehículos Especiales (UROVESA) ini memang ‘harus’ melenggang masuk ke arsenal rantis TNI AD, pasalnya VAMTAC menjadi bagian dari sistem ForceShield rudal Starstreak untuk Arhanud TNI AD.

Seperti telah dibahas di artikel terdahulu, sistem ForceSHIELD terdiri dari terdiri dari radar CONTROLMaster200 (SHIKRA), RAPIDRanger mobile weapon systems, dan Lightweight Multiple Launcher (LML). Yang disebut terakhir LML adalah platform peluncur dari rantis Land Rover Defender. Satu jip Land Rover dibekali satu tiang model MANPADS dengan tiga peluncur yang siap ditembakkan. Di bawah plat lantai, tersedia ruang untuk penyimpanan 6 unit rudal Starstreak. Peluncur dalam pola LML dilakukan secara manual oleh seorang juru tembak. Sebaliknya RAPIDRanger mobile weapon systems lebih maju, dimana peluncuran rudal menggunakan RCWS (Remote Control Weapon System).

Nah, RAPIDRanger ini diusung dalam platform rantis VAMTAC. Konfigurasi antara VAMTAC dan sistem Starstreak telah dirancang agar sesuai oleh pihak Thales Air Defence. Bagaimana jika Starstreak dipasang pada rantis jenis lain? Jawabannya tentu bisa-bisa saja, asalkan biaya pengujian, integrasi sistem, instalasi serta beban biaya lainnya menjadi tanggungan user. Pola RAPIDRanger sedikit banyak mirip dengan rudal MANPADS Mistral yang dipasang dengan RCWS pada rantis Renault Sherpa Light. Pun jumlah rudal yang siap ditembakkan dalam satu kubah serupa, yakni ada empat peluncur. Selain bisa ditembakkan oleh gunner di dalam kabin rantis, sistem RCWS Mistral dan Starstreak RAPIDRanger dapat dikendalikan secara terintegrasi oleh unit command and control.

Baca Juga: Army Lift Truck 8M6x4, Kendaraan Serbu Sat-81/Gultor Kopassus

Dikutip dari Shephardmedia.com (20/4/2016), disebutkan tipe yang akan diakuisisi untuk Arhanud TNI AD adalah URO 4×4 VAMTAC ST5, dengan jumlah yang didatangkan sebanyak 20 unit rantis. Dalam beberapa publikasi, rantis VAMTAC dan Land Rover Defender telah tiba di fasilitas perakitan dan integrasi sistem PT Len Industri.

Tentang VAMTAC sendiri, nasibnya boleh dibilang beruntung terdongkrak populer secara penjualan, lantaran sudah ‘dipaketkan’ oleh Thales dalam sistem ForceShield untuk rudal Starstreak. Selain Indonesia, Malaysia sejak 2008/2009 malah sudah meng-order lebih dari 100 VAMTAC dalam berbagai varian. Sebagai informasi, Malaysia juga membeli sistem ForceShield rudal Starstreak untuk kebutuhan angktan daratnya. Meski tak mengoperasikan Starstreak, manun menggunakan radar SHIKRA, Singapura di tahun 2015 juga telah menerima VAMTAC ST5.

Baca Juga: Army Lift Truck 8M6x4, Kendaraan Serbu Sat-81/Gultor Kopassus

Halaman :
BERITA PILIHAN
Berita Lainnya