Home / News / Ulasan

Army Lift Truck 8M6x4, Kendaraan Serbu Sat-81/Gultor Kopassus

Sabtu - 14 Mei 2022, 14:51 WIB
Foto: Army Lift Truck 8M6x4 Kendaraan Serbu Sat-81 Gultor Kopassus
Editor : Tim Redaksi

Jakarta, Infomiliter.com -- Dari tampak depan, kendaraan ini memang tak ubanhnya Isuzu D Max yang biasa digunakan beragam satuan TNI AD. Tapi jika menengok kesisi samping, maka terlihat perbedaan yang mencolok, Isuzu D Max milik Sat-81/Gultor (Penanggulangan Teror) Kopassus ini punya konfigurasi empat roda di bagian belakang.

Dan inilah Arlit (Army Lift Truck) Type 8M 6×4, kendaraan khusus (ransus) untuk misi penyerbuan ke ketinggian tertentu, baik di gedung atau pesawat.

Ketimbang wahana assault ladder yang juga dimiliki Sat-81 Kopassus, Arlit punya beberapa keunggulan, karena berangkat dari platform lift, beban yang dibawa dalam satu waktu bisa lebih banyak. Arlit dalam penyerbuan dapat menopang delapan pasukan bersenjata lengkap berikut perlengkapannya hingga kapasitas 1 ton. Strukturnya terdiri dari empat scissor lift yang ditopang oleh 2 buah silinder yang dapat dioperasikan dari bawah dan dari platform. Safety factor menjadi hal yang prioritas dikarenakan lift ini mengangkat manusia bukan barang.

Arlit yang digunakan Sat-81/Gultor merupakan produksi PT Trimega Cipta Kreasindo. Untuk menunjang keselamatan pasukan, pada platform lift dibekali enam handled grip. Guna memonitor pergerakan pasukan, komandan regu dapat melihat kinerja Arlit lewat kamera CCTV yang layarnya tersaji di layar notebook pada dashboard. Mengingat perannya sebagai ransus anti teror, Arlit sebenarnya juga ideal dipunyai oleh unit elit di kepolisian. Wahana serbu ini lahir dari sulitnya penyerbuan dilakukan pada ketinggian tertentu pada saat kendaraan bergerak.

Baca Juga: VAMTAC ST-5 Rapid Ranger, Sang Pengusung Rudal Starstreak RCWS Arhanud
BERITA PILIHAN
Berita Lainnya