Home / News / Sishankamrata

Mengenal Sishankamrata, Ciri-ciri dan Alasan Dibentuk

Selasa - 15 Jun 2022, 18:05 WIB
Foto: Istimewa
Editor : Tim Redaksi

Jakarta, Infomiliter.com -- Sishankamrata merupakan sistem yang disusun berdasarkan falsafah undang-undang dasar dengan tujuan untuk mewujudkan ketahanan nasional Indonesia. Indonesia terletak di posisi silang dunia, posisi silang ini merupakan sebuah potensi sekaligus ancaman bagi integritas nasional bangsa Indonesia termasuk ketahanan nasional.

Ancaman tersebut dapat datang dari luar dan dalam negeri dalam berbagai aspek kehidupan dalam bentuk militer dan non militer. Ancaman sangat berbahaya apabila tidak diatasi, sehingga harus dipilih strategi yang tepat. Strategi tersebut adalah menggunakan sistem pertahanan dan keamanan rakyat semesta (sishankamrata).

Melansir dari Modul PPKn kelas X oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, sishankamrata adalah segala upaya menjaga pertahanan dan keamanan negara yang seluruh rakyat dan segenap sumber daya nasional, sarana dan prasarana nasional, serta seluruh wilayah negara merupakan satu kesatuan pertahanan yang utuh.

Ciri-ciri sishankamrata
Sistem pertahanan dan keamanan Negara yang bersifat semesta bercirikan :

Baca Juga: Komponen Penting Dalam Sistem Pertahanan dan Keamanan Rakyat Semesta

1. Kerakyatan, yaitu orientasi pertahanan dan keamanan negara diabdikan oleh dan untuk kepentingan seluruh rakyat.

2. Kesemestaan, yaitu seluruh sumber daya nasional didayagunakan bagi upaya pertahanan.

3. Kewilayahan, yaitu gelar kekuatan pertahanan dilaksanakan secara menyebar di seluruh wilayah NKRI, sesuai dengan kondisi geografis sebagai Negara kepulauan.

Baca Juga: Komponen Penting Dalam Sistem Pertahanan dan Keamanan Rakyat Semesta

Halaman :
BERITA PILIHAN
Berita Lainnya