Home / News / Nasional

Militer Indonesia Masuk 20 Besar Dunia, TNI Butuh Panglima Berwibawa

Minggu - 18 Okt 2021, 21:24 WIB
Foto: Komandan Batalyon Intai Amfibi-1 (Yontaifib-1) Korps Marinir Letkol (Mar) Muhammad Abdilah (tengah) dibopong prajurit usai pengumuman Lomba Pentathlon Marinir di Kesatrian Marinir Baroto Sardadi, Marunda, Jakarta, Rabu (2/6/2021).
Annual Fashion Sale
Editor : Joko Yuwono

Jakarta, Infomiliter.com -- Global Firepower menempatkan militer Indonesia di peringkat ke-16 dari 140 negara.

Pengamat militer menilai pencapaian kekuatan militer Indonesia yang masuk peringkat 20 terbaik dunia menurut Global Firepower harus dibarengi dengan sosok panglima TNI yang berwibawa.

Dilansir dari Katadata.co.id, pakar intelijen Nefo Handayani Kertapati mengatakan pencapaian ini harus menjadi momentum semangat untuk meningkatkan kinerja dan moril dari para prajurit.

Menurutnya TNI akan memiliki kemampuan kelas dunia bila panglima TNI memiliki wibawa di mata dunia. Panglima baru ini juga harus memperhatikan dinamika lingkungan strategis.

Baca Juga: Selain Deddy Corbuzier, Berikut Daftar Penerima Pangkat Tituler di Indonesia

"Dinamika terbaru adalah pembentukan Kerjasama Keamanan Trilateral AUKUS," ujar sosok yang akrab disapa Nuning, Senin (18/10).

Nuning menjelaskan TNI harus mencermati ke mana arah baru AUKUS dan rencana pengoperasian kapal selam Australia bertenaga nuklir. Menurutnyam sesuai dengan ketentuan ASEAN yang tertuang di dalam ZOPFAN (Zone of Peace, Freedom and Neutrality), maka seluruh negara ASEAN wajib mematuhi ketentuan zona bebas nuklir.

"Banyak negara di dunia mewaspadai pengoperasian kapal-kapal Selam bertenaga nuklir yang dimiliki beberapa negara maju," jelas Nuning.

Baca Juga: Menhan Prabowo Ingin Indonesia-Korsel Lebih Banyak Kerja Sama Industri Pertahanan

Halaman :

Kata Kunci : Militer Indonesia Masuk 20 Besar Dunia menurut Global Firepower

Sorotan

Berita Lainnya

Berita Foto