Home / News / Sishankamrata

Komcad, Satuan Militer yang Baru Saja Diresmikan Presiden Jokowi

Kamis - 07 Okt 2021, 21:39 WIB
Foto: Prajurit Komponen Cadangan (Komcad) Kodam XII/Tanjungpura menyanyikan yel-yel saat upacara pemberangkatan latihan pembulatan di Pelabuhan Dwikora, Pontianak, Kalimantan Barat, Senin (20/9/2021).
Annual Fashion Sale
Editor : Joko Yuwono

Jakarta, Infomiliter.com -- Presiden Joko Widodo resmi mengangkat 3.103 anggota Komponen cadangan (Komcad) Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Konsep pasukan cadangan bukan hal baru dalam dunia militer. Komponen cadangan (Komcad) beranggotakan warga sipil yang sewaktu-waktu bisa dipanggil untuk pertahanan negara.

Komcad bukan wajib militer. Anggotanya mendaftar secara sukarela untuk menjadi bagian dari satuan pengamanan. Anggota Komcad berasal dari warga sipil yang mengikuti serangkaian latihan militer.

Pembentukan satuan diamanatkan oleh Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2019 Tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional Untuk Pertahanan Negara (PSDN).

Baca Juga: Menhan Prabowo Ingin Indonesia-Korsel Lebih Banyak Kerja Sama Industri Pertahanan

Pendaftaran Komcad mulai dibuka pada 17 Mei 2021. Mereka yang lolos seleksi juga telah menjalani pelatihan pada 21 Juni hingga 18 September 2021. Meskipun Komcad berada di bawah komando TNI, status anggota Komcad tetap warga sipil. Dengan demikian, mereka akan kembali ke profesi masing-masing setelah selesai menjalani pelatihan.

"Komponen cadangan dikerahkan bila negara dalam keadaan darurat militer atau keadaan perang," kata Jokowi, Kamis (7/9).

Mobilisasi Komcad hanya bisa dilakukan oleh Presiden atas persetujuan DPR. Adapun garis komandonya tetap berada di bawah Panglima TNI.

Baca Juga: RepubliKorp Tandatangani Kerjasama Industri Pertahanan dengan Produsen Senjata Republik Ceko

Halaman :

Kata Kunci : Presiden Joko Widodo meresmikan Komponen Cadangan Komcad

Sorotan

Berita Lainnya

Berita Foto