Home / News / Liputan

Roket Jarak Jauh TNI Terbang Puluhan Kilometer Hantam Samudra Hindia

Rabu - 11 Mei 2022, 22:32 WIB
Foto: Penembakan Roket Astros Pussenarmed TNI AD
Annual Fashion Sale
Editor : Joko Yuwono

Jakarta, Infomiliter.com -- Roket-roket milik militer Tentara Nasional Indonesia (TNI) beterbangan di atas Samudra Hindia dan jatuh menghantam lautan.

Roket yang diketahui dioperasikan Pusat Kesenjataan Artileri Medan (Pussenarmed) itu, terpantau beterbangan di atas lautan Samudra Hindia pada Rabu 11 Mei 2022.

Berdasarkan keterangan resmi Penerangan Pussenarmed, roket-roket itu berasal dari Meriam Caesar yang dioperasikan prajurit TNI dari tepi pantai wilayah Cibenda, Ujung Genteng, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Menurut Komandan Pussenarmed, Mayor Jenderal TNI Totok Imam Santoso, roket-roket itu milik TNI yang sengaja ditembakkan dengan Meriam Caesar dan Roket Astros ke lautan lepas dalam rangka Latihan Menembak Senjata Berat (Latbakjatrat) Teknis Terpadu.

Baca Juga: Menhan Prabowo Ingin Indonesia-Korsel Lebih Banyak Kerja Sama Industri Pertahanan

Mayjen TNI Totok menuturkan, dalam kegiatan itu, Pussenarmed melibatkan pasukan dari empat batalyon sekaligus, yaitu dari Batalyon Armed 13/Nanggala, Batalyon Armed/4 Parahyangan, Batalyon Armed 9/Pasopati dan Batalyon Armed 10/Brajamusti.

"Empat batalyon menggunakan laliber senjata yang berbeda dari mulai kaliber 76 milimeter dengan jarak 8 kilometer, kaliber 155 milimeter Meriam Caesar sampai dengan Roket Astros dengan jarak 300 Kilometer yang dalam skenario latihannya kita menembak dengan jarak 60 kilometer dalam membantu satuan manuver," kata Mayjen TNI Totok Imam Santoso.

Mayjen TNI Totok mengatakan, Cibenda dijadikan lokasi Latbakjatrat sesuai dengan perintah dari Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman.

Baca Juga: RepubliKorp Tandatangani Kerjasama Industri Pertahanan dengan Produsen Senjata Republik Ceko

Halaman :

Kata Kunci : Roket Jarak Jauh TNI Terbang Puluhan Kilometer Hantam Samudra Hindia

Sorotan

Berita Lainnya

Berita Foto