Home / News / Teknomiliter

Rudal Hipersonik Kinzhal, Seperti Apa Teknologi Senjata Rusia Itu?

Senin - 21 Mar 2022, 14:54 WIB
Foto: Ilustrasi rudal hipersonik Kinzhal milik Rusia
Editor : Tim Redaksi

Jakarta, Infomiliter.com -- Rusia mengeluarkan pernyataan telah menggunakan rudal hipersonik Kinzhal untuk menghancurkan gudang senjata bawah tanah Ukraina di wilayah Ivano-Frankivsk, Sabtu, 19 Maret 2022.

Kantor berita Rusia Interfax mengabarkan, ini pertama kali pasukan Moskow mengerahkan senjata canggih Kinzhal sejak invasi ke Ukraina pada 24 Februari.

Juru bicara Kementerian Pertahanan Rusia Igor Konashenkov gudang bawah tanah yang dihantam Kinzhal menyimpan rudal dan amunisi pesawat.

Presiden Vladimir Putin pada Desember lalu mengatakan, Rusia pemimpin global rudal hipersonik, yang kecepatan, kemampuan manuver dan ketinggiannya sulit dilacak dan dicegat.

Rudal Hipersonik Kinzhal

Baca Juga: Mengintip Masa Depan Teknologi Militer Amerika Serikat

Hipersonik mencapai lima kali lebih kecepatan suara (Mach). Belakangan, badan militer beberapa negara di dunia mengembangkan senjata hipersonik, terrmasuk Rusia.

Mengutip Al Jazeera, Putin mengatakan rudal hipersonik Kinzhal merupakan senjata ideal yang terbang dengan kecepatan 10 kali kecepatan suara.

Rudal itu dianggap mampu mengatasi sistem pertahanan udara. Putin mengklaim senjatanya bisa mengena hampir semua lokasi di dunia.

Senjata hipersonik juga dianggap mampu menghindari perisai rudal buatan Amerika Serikat.

Baca Juga: Mengintip Masa Depan Teknologi Militer Amerika Serikat

Halaman :
BERITA PILIHAN
Berita Lainnya