Home / News / Internasional

Resolusi PBB Sesalkan Invasi Rusia ke Ukraina Dapat Dukungan Besar

Kamis - 03 Mar 2022, 17:27 WIB
Foto: Hasil pemungutan suara resolusi mengenai Ukraina ditampilkan dalam rapat darurat Majelis Umum PBB di markas besar PBB, Rabu, 2 Maret 2022. (Seth Wenig)
Annual Fashion Sale
Editor : Joko Yuwono

Jenewa, Infomiliter.com -- Sementara Rusia semakin terisolasi, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengekspresikan kemarahan global, dengan dukungan sangat besar untuk resolusi yang menyesalkan serangan Rusia ke Ukraina dan menyerukan penarikan segera pasukannya.

Dalam sesi darurat majelis umum PBB, 141 dari 193 negara anggota memilih resolusi tersebut, 35 abstain, dan lima menentang.

Negara-negara yang memilih mendukung Moskwa adalah Belarusia, Korea Utara, Eritrea, dan Suriah. Sekutu lama Kuba dan Venezuela bergabung dengan China dalam abstain. Resolusi itu, kata PBB, menuntut "penyelesaian dalam istilah yang paling keras atas agresi oleh Federasi Rusia terhadap Ukraina". Itu juga menuntut "Federasi Rusia segera menghentikan penggunaan kekuatannya terhadap Ukraina" dan "segera, sepenuhnya dan tanpa syarat menarik semua kekuatan militernya". Resolusi tersebut tidak mengikat secara hukum, tetapi merupakan ekspresi dari pandangan anggota PBB. Tujuannya untuk meningkatkan tekanan pada Moskwa dan sekutunya, Belarus. “Itu tidak akan menghentikan pasukan Rusia, tetapi ini adalah kemenangan diplomatik yang cukup besar bagi Ukraina dan AS, dan semua orang yang mendukung mereka,” Richard Gowan, direktur PBB di International Crisis Group, mengatakan sebagaimana dilansir Guardian pada Rabu (2/3/2022).

Berbicara sebelum pemungutan suara, duta besar AS untuk PBB, Linda Thomas-Greenfield, membandingkan invasi Rusia dengan penaklukan Nazi di Eropa. “Beberapa orang tertua Ukraina dan Rusia mungkin mengingat momen seperti ini, saat ketika satu negara Eropa yang agresif menyerbu negara lain tanpa provokasi untuk mengeklaim wilayah tetangganya. Momen ketika seorang diktator Eropa menyatakan akan mengembalikan kejayaan kerajaannya sebelumnya. Invasi yang menyebabkan perang begitu mengerikan, sehingga mendorong organisasi ini menjadi ada, ”kata Thomas-Greenfield. Perwakilan tetap Ukraina, Sergiy Kyslytsya, juga mengimbau negara-negara yang mempertimbangkan untuk abstain dengan alasan bahwa “ini bukan perang saya”.

Baca Juga: Patroli Bersama di Laut Cina Selatan, Amerika Serikat Perkuat Angkatan Laut Filipina

"Ini sebuah kesalahan. Kejahatan tidak akan pernah berhenti. Itu membutuhkan lebih banyak ruang untuk ditaklukkan. Kalau ditolerir akan semakin parah,” kata Kyslytsya. Menurutnya, draf resolusi adalah salah satu balok pembangun tembok untuk “menghentikannya (invasi) di Ukraina, dan tidak membiarkannya melangkah lebih jauh.”

Perwakilan tetap Rusia, Vasily Nebenzya, mengulangi klaim Moskwa bahwa pasukannya tidak menargetkan wilayah sipil. Dia mengaitkan sifat pemungutan suara yang tidak seimbang, dengan pemaksaan di belakang layar terhadap negara-negara anggota dari sekutu Ukraina. “Kami tahu tentang tekanan yang belum pernah terjadi sebelumnya yang diberikan oleh mitra barat kami pada sejumlah besar negara yang mendesak mereka untuk memilih sesuai keinginan mereka (barat),” kata Nebenzya. “Ini bukan sesuatu yang bahkan bisa kita sebut sebagai tekanan. Itu adalah ancaman terbuka dan sinis.” Pada Jumat (25/4/2022), Rusia adalah satu-satunya suara menentang resolusi serupa di dewan keamanan PBB. Tetapi karena Rusia adalah salah satu dari lima negara dengan hak veto, resolusi itu tidak ditegakkan. Alhasil sekutu Ukraina merujuk masalah ini ke majelis umum. Ini adalah pertama kalinya dalam 40 tahun, dewan keamanan PBB merujuk krisis ke majelis dan hanya ke-11 kalinya sidang darurat majelis umum PBB telah dipanggil sejak 1950.

Majelis umum PBB diadakan di bawah resolusi "persatuan untuk perdamaian", ketika ancaman global dirujuk ke badan PBB sementara “Dewan Keamanan PBB gagal melaksanakan tanggung jawab utamanya, untuk bertindak mempertahankan internasional perdamaian dan keamanan seperti yang diperlukan, karena kurangnya kebulatan suara dari anggota tetap.” Dalam refleksi dari kemarahan dunia atas serangan Rusia ke Ukraina, enam sekutu Moskwa dalam pemungutan suara yang sama setelah aneksasi Krimea 2014, abstain pada kesempatan ini: Armenia, Bolivia, Kuba, Nikaragua, Sudan dan Zimbabwe.

Baca Juga: Tiongkok Hadapi Kekurangan Talenta Ketika Lulusan Terbaiknya Menghindari Dinas Militer

Halaman :

Kata Kunci : Ukraina, Rusia, Majelis Umum PBB, Jenewa

Sorotan

Berita Lainnya

Berita Foto