Home / News / Teknomiliter

Mengintip Masa Depan Teknologi Militer Amerika Serikat

Senin - 16 Mei 2022, 19:51 WIB
Foto: Ilustrasi Jet Tempur Amerika Serikat
Editor : Tim Redaksi

Jakarta, Infomiliter.com -- Amerika adalah gudangnya teknologi super canggih. Negara Paman Sam memiliki Google, Apple, hingga Microsoft yang jadi raksasa industri teknologi saat ini. Di sisi lain, Amerika juga mempunyai industri teknologi yang ditakuti banyak negara, yakni teknologi militer.

Tidak hanya terdepan dalam pengembangan nuklir, negara ini juga sangat aktif mengembangkan teknologi persenjataan yang mematikan dan terdepan dalam teknologi. Mulai dari pesawat, laser, dan senjata, dan robot tak luput dari pengembangan pemerintah Amerika.

Hasilnya, Amerika dari hari ke hari terus mengungkap kehadiran teknologi militer baru yang membuat negara mana saja keder. Contohnya adalah 5 teknologi militer ini.

Meriam laser

Sejak akhir tahun lalu, Marinir Amerika mulai melakukan uji coba meriam laser di atas kapal USS Ponce yang kini berada di kawasan teluk Arab. Oleh marinir atau US Navy, meriam laser bernama LaWS (Laser Weapon System) akan dipakai untuk menjatuhkan objek-objek berbahaya dengan kecepatan tinggi, misalnya drone.

Baca Juga: Rajawali Laut Flight Jadi Pembuka Ajang Navy Jazz Traffic Festival 2022

Soal kekuatannya pun tidak usah dipertanyakan lagi, meriam laser LaWS tersebut dibekali dengan laser berkekuatan 30.000 Watt. Bandingkan, sekitar 100 Watt laser saja sudah bisa dipakai untuk senjata pemotong. Besar kemungkinan LaWS dapat memotong sebuah pesawat terbang.

Ternyata, 30.000 Watt bukanlah kekuatan maksimal dari LaWS. Dalam pengembangan-pengembangan selanjutnya, US Navy berharap bisa membuat meriam laser dengan kekuatan 100.000 Watt, bahkan 150.000 Watt!

Uniknya, untuk sebuah senjata mematikan seperti itu, alat pengendalinya justru terlihat seperti joystick dari konsol video game Xbox yang telah dimodifikasi.

Pesawat siluman pertama di abad-21

Baca Juga: Tinjau Pameran Alutsista TNI, Presiden: Bentuk Transparansi kepada Publik

Halaman :
BERITA PILIHAN
Berita Lainnya